Follow Me

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]



Get Free Updates in your Inbox


facebook twitter rss

Follow Blog wikitwit
×

Inilah Yang Mungkin Terjadi Jika Tuntutan Buruh Terus Dikabulkan

Demo Buruh dengan memakai motor bagus

Inilah Yang Mungkin Terjadi Jika Tuntutan Buruh Terus Dikabulkan


Hoi sob! beberapa hari ini timeline twitter dan pesbuk lagi rame ngebahas tentang para Buruh pekerja pabrik yang rame menuntut banyak hal ke pemerintah. Sebenarnya udah mainstream sih buruh demo. Demo buruh biasa berlangsung diseluruh dunia tiap tanggal 1 mei atau lebih dikenal sebagai Mayday. 

Tapi kali ini agak beda sob, pertama, bulan mei udah lewat. Kedua, tuntutan buruh yang terbaru ini cukup mencengangkan dan gak heran bikin pro dan kontra. Buruh minta upah minimum regionalnya dinaikin jadi 3.7 juta. Busyeeet..

Sebelumnya, mungkin aja ketika sobat baca ini isu beginian udah kelar, jadi beberapa dari kamu gak ngerti. Yaa kalo gak ngerti, coba ngertiin gue sekali ini aja bisa kan sob? ehhehe.

Kira-kira gini nih khayalan absurd gue bila tuntutan buruh itu dikabulkan :

1. Mahasiswa jadi Males kuliah
Buruh banyak menuntut
Yang mungkin akan terjadi pertama adalah orang jadi makin males kuliah. Kenapa? Kalo UMRnya buruh aja 3.7 juta. Mending jadi buruh aja, ngapain kuliah lama-lama, mahal-mahal? Akhirnya kampus pada tutup.

2. Orientasi cita-cita berubah
Akibat tuntutan buruh dikabulkan
Zaman dulu misalnya kita nanya ke anak kecil tentang apa yang dia cita-citakan. Biasanya jawabannya adalah kalo enggak dokter.. jadi polisi.. atau jadi pemadam kebakaran, misalnya buruh jadi upahnya sebesar 3,7 juta perbulan, Jangan heran entar di masa depan pas kita nanya ke anak kecil maka jawabannya: “akyu pengen jadi buluh!”

3. Jakarta jadi penuh

Ketika semua ngeliat jadi buruh di Jakarta bisa dapat gaji sebesar itu. Percaya deh. Makin gila aja urbanisasi ke Jakarta. Semua pengen jadi buruh di Jakarta. Jakarta makin macet. Ntar saking penuhnya, semua ga punya ruang privasi, mau kentut aja semua orang langsung nyium bau nya. ehhehe. Kayanya mesti ngungsi ke Garut dah :D

4. Buruh jadi ngetrend

Dengan gaji sebesar itu, gak heran entar jadi buruh bakalan ngetrend banget. ketika sekarang kerjaan ngetren itu jadi artis sinetron bisa punya banyak fans. Dimasa depan yang gaul itu jadi buruh. Semua jadi buruh.

Yang bikin usaha sendiri ga ada. Yang jual nasi pecel jadi buruh. Yang jual es teh ama kopi jadi buruh. Akhirnya mahasiswa yang biasa makan di pinggir jalan jadi makin males kuliah. Mahasiswa yang males ini ikutan jadi buruh semua. Punya anak pas udah nikah. Anak-anaknya dicekokin jadi buruh aja enak ketimbang kuliah, Buruh jadi banyak. Buruh menguasai dunia.

Oke ini lebay.. bisa-bisa ada Buruh Idol juga men.
Buruh Idol akan terjadi kelak

Nyadar nggak sih kalo misalnya tuntutan buruh dipenuhin terus. Lingkaran setan yang mencekik negara kita ini bakalan malah bertambah menjadi-jadi. Naiknya gaji buruh efeknya jadi domino.

Pertama dengan gajinya naik otomatis biaya produksi pengusaha naik, biaya produksi naik. Harga jual barang bakalan naik juga. Harga jual barang naik jelas bikin daya beli berkurang. Biaya hidup semakin meningkat. Biaya hidup meningkat otomatis Buruh demo lagi minta naik upah.

    Lingkaran setan
Buruh menjadikan lingkaran setan
Muter-muter aja terus ampe kiamat.

Semua buruh telah sepakat untuk menyampaikan sepuluh tuntutan kepada pemerintah. Sepuluh tuntutan buruh tersebut adalah:
  1. Naikkan upah minimal pada tahun 2015 sebesar 30 persen.
  2. Buruh tolak penangguhan upah minimum.
  3. Jalankan jaminan pensiun bagi buruh di perusahaan swasta pada Juli 2015.
  4. Jalankan jaminan kesehatan pada buruh.
  5. Hapus outsourcing BUMN.
  6. Sahkan RUU Pekerja Rumah Tangga dan revisi UU Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia.
  7. Cabut UU Ormas dan ganti dengan RUU Perkumpulan.
  8. Angkat pegawai dan guru honorer jadi pegawai negeri sipil, serta subsidi Rp 1.000.000 per orang setiap bulan dari APBN untuk honorer.
  9. Sediakan transportasi publik dan perumahan murah untuk buruh.
  10. Jalankan wajib belajar 12 tahun dan sediakan beasiswa untuk anak buruh hingga perguruan tinggi.
Dimana ada Hak, disitu ada kewajiban yang musti dijalankan, emangnya cuma buruh aja yang punya hak, pengusaha juga punya kan?
 
10 Tuntutan Pengusaha pada Hari Pengusaha Nasional
  • Setiap keterlambatan masuk kerja, potong gaji
  • Setiap cacat produksi akibat kelalaian, potong gaji
  • Setiap keterlambatan target produksi, potong gaji
  • Setiap pelanggaran peraturan, potong gaji
  • Setiap absen kerja seharian, potong gaji
  • Setiap pencurian bahan baku, potong gaji
  • Setiap ketidaksopanan pada atasan, potong gaji
  • Setiap penggunaan fasilitas kantor untuk keperluan pribadi, potong gaji
  • Setiap keterlambatan bayar hutang Kas Bon, potong gaji
  • Setiap penggalangan rekan kerja untuk demo, potong gaji
Bukannya gue menjudge jadi buruh itu jelek. Enggak kok. Lagian buruh juga macem-macem sob, karyawan-karyawan kantoran di gedung-gedung tinggi jakarte itungannya juga buruh pan?

Tapi menurut gue lebih baik bersyukur dengan keadaan itu baik kok. Menuntut hak boleh tapi dahulukan kewajiban. Pengen hidup layak? Kerja keras, kerja cerdas, manfaatkan peluang-peluang yang ada, Baru deh ngerasain asik dan susahnya ngegaji orang yang banyak maunya, Jangan ngegantungin hidup kita ke orang. Hiduplah untuk bisa menghidupi orang lain dengan usaha sendiri.


Label : »
Penulis : Unknown » 14.38

2 komentar

  1. haha
    gokil gan,,makasih ya infonya,,menarik sekali

    BalasHapus
  2. bagus sekali info yang di berikan
    tambah betah blog agan
    terimakasih info nya

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya, Hubungi kami jika menemukan Konten/file yang rusak/corrupt.
Links Hidup dalam Komentar akan Otomatis terhapus.

Note :
Untuk Menyisipkan LINK, silahkan klik pada bagian [Beri Komentar Sebagai] dan pilih NAME/URL sebelum mempublikasikan komentar Anda.