Follow Me

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]



Get Free Updates in your Inbox


facebook twitter rss

Follow Blog wikitwit
×

Mengatasi Printer Canon yang Hasil Cetak Putus-Putus

Mengatasi Printer Canon yang Hasil Cetak Putus-Putus - Kejadian ini sering saya alami ketika menggunakan Printer Canon Ip2770, kenapa hasil cetakan putus-putus atau bahkan Buram. Nah pada postingan kali ini saya mau sharing pengalaman saya dalam mengatasi hal tersebut diatas.

Untuk di perhatikan, kalau kita mendapati hasil cetak printer putus-putus atau buram, silahkan di cek dulu apakah tinta pada cartridge masih ada atau memang sudah minim. kalau memang masalah terjadi karena tinta sudah minim yah cukup lakukan pengisian ulang tinta saja. Tetapi apabila sudah dilakukan Refill namun hasilnya masih sama, maka kemungkinan cartridge printer bermasalah jadi coba lakukan tips berikut ini

Lakukan cek noise/print head noise melalui menu maintenance di windows
  • Silahkan isi cartridge dengan tinta terlebih dahulu (jangan terlalu penuh)
  • Masuk “Control Panel > Printer & Faxes”, kemudian klik kanan diriver printer lalu pilih “Printing Preference” kemudian pilih tab “Maintenance
  • Setelah terbuka Kotak Dialog Maintenance, lakukan pembersihan head dengan cara pilih satu persatu “Cleaning, Deep Cleaning, Print Head Alignment, Nozzle Check”yang di kotak merah pada gambar dibawah
Maintenance Printer Ip2770
  • Jika printer sobat menggunakan Infus, pastikan selang aliran tinta tidak putus-putus. (istilah biasanya : masuk angin)
  • Matikan printer, kemudian hidupkan kembali.
Setelah kita melakukan proses diatas namun printer masih bermasalah, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Head Catridge printerlah yang tersumbat, hal ini bisa diakibatkan tinta yang mengering dikarenakan jarang digunakan atau juga disebabkan oleh tinta terlalu kental, jadi solusinya lakukan pembersihan cartridge printer dengan cara:

Pembersihan head printer yang tersumbat
  • Lepaskan cartridge dari printer
  • Lengketkan tisyu kering pada head cartridge (bagian keluarnya tinta dan ingat jangan sekali-kali menggosok bagian ini, karena akan merusak, jadi cukup di tempelkan saja)
  • Biarkan tisyu tersebut beberapa menit meresap tinta untuk mengeluarkan tinta yang menyumbat
  • Untuk memastikan saluran tinta berjalan dengan lancar, anda bisa melakukan sekali lagi dengan cara mengisi tinta kemudian resapkan tinta dengan tissu
  • Setelah saluran tinta di rasa berjalan dengan lancar, silahkan lakukan pengisian tinta lalu pasang kembali ke Printer
  • Silahkan cetak beberapa document, dan kalau bisa untuk pertama kali ngeprint, gunakan setting dengan kualitas print tinggi (Quality Print > High).
Kalau langkah diatas masih bermasalah dan tidak mendapatkan hasil, lakukan pembersihan head printer yang tersumbat dengan cara berikut:
  • Sediakan air panas di piring datar
  • Celupkan head (bagian keluarnya tinta) ke dalam air panas kira-kira 0,5 cm (jangan terlalu dalam agar tidak merusak cartridge. contoh pada gambar, air jangan sampai menyentuh pada bagian chip). air akan berubah menjadi keruh, karena dampak dari mencairnya tinta yang mengendap/kering.
Service Catridge
  • Buang air yang sudah keruh dan ganti dengan air yang baru, kemudian rendam kembali head cartridge. Lakukan berulang-ulang sampai air rendaman tidak berubah warna lagi
  • Angkat cartridge lalu bersihkan dan keringkan menggunakan tisyu (ingat jangan pernah menggosok bagian head dan jangan pula menyentuh bagian chip cartridge)
  • Setelah bersih dan kering, Refill dan pasang kembali cartridge pada printer lalu silahkan lakukan pengetesan cetak document.
  • Done & Enjoy
Demikianlah Tutorial singkat cara Mengatasi Printer Canon yang Hasil Cetak Putus-Putus akibat terjadinya penyumbatan dalam Catridge, lakukan perawatan terhadap Catridge agar tidak terjadi lagi hal seperti diatas. Selamat mencoba :D.


Label : »
Penulis : Unknown » 11.43

Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungannya, Hubungi kami jika menemukan Konten/file yang rusak/corrupt.
Links Hidup dalam Komentar akan Otomatis terhapus.

Note :
Untuk Menyisipkan LINK, silahkan klik pada bagian [Beri Komentar Sebagai] dan pilih NAME/URL sebelum mempublikasikan komentar Anda.